Sunday 28 February 2016

MANFAAT BUAH NANAS BAGI KECANTIKAN DAN KESEHATAN



Anda tahu buah nanas ? mungkin pertanyaan tadi sedikit konyol karena buah yang satu ini begitu familiar khususnya di indonesia. Tahukah anda bahwa buah nanas memiliki khasiat bagi kecantikan dan kesehatan. Sebelum membahas tentang manfaatnya, terlebih dahulu penulis jelaskan tentang buah nanas.
Buah nanas atau nenas adalah buah yang hidup didaerah tropis, nanas pertama kali ditemukan di brasil, bolivia dan paraguay. Buah ini berbentuk unik dan istimewa, sehingga banyak dikalangan orang tanaman nanas di jadikan tanaman hias pada rumah mereka. Selain itu nanas juga memiliki rasa yang begitu unik yaitu perpaduan antara asam dan manis. Buah ini juga bisa ditemukan diberbagai belahan dunia termasuk indonesia. Orang indonesia biasanya mengkonsumsi buah nanas sebagai makanan penutup atau diolah sesuai selera seperti dibikin rujak atau kripik nanas.

Klasifikasi Nanas
Nanas merupakan buah tropis yang sangat mudah ditemukan seluruh wilayah di indonesia dan wilayah belahan dunia dan Nanas masih berkerbat dekat dengan tanaman palem kipas (bromeliaceae). Buah ini sangat digemari baik tua maupun muda dan dari berbagai kalangan, inilah keistimewaan tersendiri dari buah yang mempunyai ananas comosus mer. Untuk lebih jelasnya inilah klasifikasi buah nanas yang perlu anda ketahui sebagai penambah ilmu terutama pecinta buah – buahan.

Spesies : ananas comosus mer
Genus : annanas
Famili : bromeliaceae
Ordo : bromeliales
Subkelas : commolonidae
Kelas : liliopsida ( berkeping satu / monokotil )
Divisi : magnoliaphyta ( tumbuhan berbunga )
Super divisi : spermatophyta ( menghasilkan biji )
Sub kingdom : trakheabionta ( tumbuhan berpembuluh )
Kingdom : plantae (tumbuhan)

Add caption
Dari data klasifikasi diatas buah nanas memiliki nama latin ananas comosus mer. Nama lain dari buah nanas tidak hanya itu, sering juga disebut dengan bromelia comosa l. Dan ananas sativus (lindley )schulters f. Nama – nama tersebut bersinonim dengan ananas comosus mer. Buah ini terbentuk dari berbagai kumpulan bunga yang jumlahnya mencapai 100 – 200 lebih bunga. Pembentukan buah tanaman nanas dinamakan proses partenokapri, jika and melihat kulit buah nanas secara detail anda akan menemukan banyak mata yang sebenarnya itu adalah bekas kumpulan putik bunga. Nanas sekarang sudah dibudidayakan di indonesia dan menjadi buah kegemaran dari semua kalangan.pertumbuhan tanaman nanas sama seperti pertumbuhan palem kipas yaitu per satu tanaman menghasilkan satu buah nanas per masa panen.


Naah,, sekarang anda sudah tahu tentang buah nanas yang enak rasanya. Sekarang sesuai dengan judul penulis akan membahas tentang manfaat nanas bagi kecantikan dan kesehatan. Jika anda mempunyai wajah gelap, kusam, atau masalah wajah yang lainnya anda tidak usah gelisah karena buah nanas dapat mengatasi itu semua. Wajah kusam dan gelap disebabkan oleh kekurangan nutrisi dan terkena paparan sinar matahari secara langsung. Penggunaan kosmetik yang tidak cocok juga dapat menjadikan kulit wajah anda mengalami iritasi yang dapat menyebabkan dampak negativ bagi kulit wajah anda. Dengan kata lain cara alami adalah yang harus anda ambil untuk menghindari itu semua, selain itu cara alami juga tidak mengandung bahan yang berbahaya bagi wajah, bahkan akan membuat wajah anda akan menjadi lebih segar. Salah satu bahan alami untuk membuat wajah lebih bercahaya adalah buah nanas.

Cara Memutihkan Wajah Dengan Buah Nanas

Buah nanas mengandung enzim bromelin, vitamin A, vitamin C, yang dapat mengangkat sel kulit mati dan meremajakan sel kulit wajah.tidak hanya itu nanas juga memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk menghaluskan dan memutihkan kulit. Karena manfaat buah nanas yang begitu besar tidak heran jika buah nanas sering dijadikan bahan alami untuk kecantikan salah satunya untuk memutihkan wajah yang diolah dan dijadikan masker . berikut cara membuat masker dari nanas :
1.      Ambil nanas yang sudah dibersihkan dan dikupas kulitnya
2.      Kemudian haluskan nanas tersebut menggunakan blender atau diparut
3.      Ambil 4 – 5 sendok makan nanas yang sudah di haluskan tadi
4.      Kemudian ambil 3 sendok gula pasir
5.      Campurkan nanas dan gula pasir dengan merata dan menyatu
6.      Oleskan nanas yang sudah dicampur dengan gula tersebut pada wajah anda untuk dijadikan masker, sambil memijat lembut bagian wajah anda selama 30 menit.
7.      Setelah itu bilas dengan air bersih, lakukan cara tersebut selama 2 – 3 hari dalam seminggu

Bagaimana menurut anda sangat mudah bukan cara yang diatas ? pesan penulis tidak harus mahal jika anda ingin memberikan perawatan bagi tubuh anda khususnya dibagian wajah. Masih banyak cara lain untuk dapat tampil cantik dan mempesona yang mana anda tidak harus merogoh kocek yang dalam untuk perawatan wajah.

Manfaat Nanas Bagi Tesehatan Tubuh

Selain manfaat yang besar bagi kecantikan buah nanas juga memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Buah nanas memiliki kandungan air yang banyak dan juga aroma asam manisnya yang menyegarkan. Langsung saja penulis jelaskan tentang manfaat nanas bagi kesehatan :

1.      Dapat mengobati peradangan pada kulit
Caranya dengan menaruh buah nanas sampai halus dan ditempelkan pada kulit yang mempunyai perdangan. Selain itu juga dapat menjadikan kulit anda lebih halus.
2.      Meningkatkan kualitas sperma
Jika anda belum mempunyai keturunan anda tidak perlu berkecil hati. Buah nanas bisa dijadikan alternatif bagi anda karena memiliki khasiat menyuburkan sperma. untuk itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah nanas bagi anda yang ingin punya momongan.
3.      Dapat menyuburkan rambut dan menghilangkan ketombe
Caranya ambil nanas dan parut nanas tersebut sampai halus kemudian saring dengan menggunakan kain. Lalu campurkan air perasan tersebut dengan perasan jeruk nipis. Kemudian oleskan pada rambut yang berketombe. Selain itu kandungan senyawa cystine pada nanas berkhasiat dalam pembentukan kulit dan rambut sehingga rambut tumbuh dengan subur dan juga mencegah proses penuaan dini.
4.      Mengatasi kembung pada perut
Anda bisa mengatasi perut kembung dengan mengkonsumsi nanas setiap hari sebelum makan.
5.      Mengobati asam urat
Kalium dan bromelan yang terdapat pada nanas muda dapat mengobati asam urat pada manusia. Karena enzim tersebut bersifat diuretik yang dapat mengatasi asam urat.
6.      Dapat menjadikan gigi menjadi sehat
Bagi anda yang mempunyai gigi yang warnanya kekuningan, anda bisa mengkonsumsi nanas karena vitamin C yang terdapat pada nanas dapat mengikis plak pada gigi dan mencegahnya agar tidak menimbulkan rasa nyeri pada gusi dan gigi yang mana harus diimbangi dengan perawatan gigi yang lainnya
7.      Dapat menurunkan tekanan darah
Kandungan kalium yang terdapat pada nanas mampu meredakan tekanan darah yang tinggi. Tidak hanya itu nanas juga memiliki serat yang dapat mencegah lemak terserap oleh saluran pencernaan sehingga bagi penderita hipertensi sangat cocok untuk mengkonsumsi nanas setiap hari.
8.      Nanas dapat meningkatkan kekebalan tubuh
Tidak hanya vitamin C dan nutrisi lain yang sudah dibahas diatas, buah nanas memilik kandungan asam amino yang berfungsi membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga anda akan terhidar dari penyakit.
9.      Buah nanas dapat mengatasi flu dan demam
Nanas memiliki kandungan vitamin C yang kaya yang berkhasiat untuk mencegah terjadinya flu dan meredakan demam.

Dari beberapa khasiat diatas tentunya tidak akan optimal jika tidak dikonsumsi setiap hari secara rutin. Untuk itu perbanyaklah mengkonsumsi buah – buahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh anda, karena buah merupakan bahan alami yang kandungannya tidak memiliki efek samping yang negativ bagi tubuh. Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment